Monday, December 8, 2008

Idul Adha 1429H di Hanoi

Udara Hanoi hari Senin pagi, 8 Desember 2008, cukup bersahabat, sejuk tapi tidak terlalu dingin. Muslimin dari berbagai penjuru kota Hanoi, berbagai bangsa, berbagai busana berdatangan menuju masjid satu-satunya di ibukota Vietnam. Bahkan masyindo dari Quang Ninh pun 'turun gunung'. Gema takbir berkumandang melalui pengeras suara di 12 Hang Luoc, alamat masjid Al Nour (begitu tulisan yang tertera di atas gerbang utama).

Jam 07.10 masjid sudah mulai penuh. Beberapa orang yang datang belakangan harus berdiri di belakang, menunggu sholat Ied dimulai. Saat semua orang berdiri, akan tersedia ruangan lebih banyak sehingga yang berdiri di belakang bisa memasuki barisan shaf. Jam 08.30 kumandang takbir berhenti. Sholat Ied akan dimulai.

Seusai sholat Ied, beberapa jamaah tetap tinggal di masjid untuk bersalaman saling memaafkan. Teman-teman dari Indonesia juga gak ketinggalan salam-salaman, becanda, dan foto-foto tentunya.

Cau Lac Bo 'anak kost'


Bersama imam masjid Al Nour, anh Abdussalam


Peace man!

Dari masjid masyindo terus berkunjung ke rumah pak Sugeng - bu Eko, katanya disediakan sarapan! Ini harapan satu-satunya menikmati suasana lebaran haji semirip mungkin dengan di kampung sendiri. Berangkat dong!

Suasana silaturrahim di rumah pak Sugeng - bu Eko memang hangat, suasananya maupun makanannya. Pokoknya judulnya 'Gembira' deh.

Anh Dinda, anh Lam, anh Sugeng va anh Rizal


Anh Ade, anh Khoe, anh Leksi va anh Herianda


Repot ngabsennya nih...


Em Dian va chu nha co Sugeng

Co Sarah, co Hera va co Noni

Rupanya sarapan lebaran a la pak Sugeng - bu Eko itu baru babak pertama. Di babak kedua, giliran pak Tobing dan bu Endang mengundang masyindo untuk berkunjung. Kesempatan emas! Tapi sayang sekali, hari ini tetep masuk kantor dan diberi ijin untuk sholat Ied saja. Jadi terpaksa tidak bisa berkunjung ke rumah pak Tobing - bu Endang.

Selamat Idul Adha 1429H, mohon maaf lahir dan batin.

1 comment:

  1. Assalamu'alaikum. Idul Adha tahun ini, saya dan bbrp teman2 akan mengikuti training selama 4 hari tgl 3, 4, 5 dan 6 di Hanoy. Kemungkinan tgl 6 nov 2011 ini tepat hari raya idul adha. ada bbrp hal yg ingin saya konsultasikan terkait dengan sholat ied dan qurban. adakah nomer yg bisa saya hubungi ? no hp saya : 0878 8466 5548 dan 0813 800 823 89 (hendra) atau pin bb saya : 282426A5. terima kasih.

    ReplyDelete