Sunday, June 27, 2010

Menyiapkan Kopi a la Vietnam

Alat & Bahan:

penyaring atas, wadah penyaring, tutup (kiri ke kanan)
Penyaring kopi (dalam bahasa Vietnam: phin cà phê), cangkir, sendok, kopi bubuk kasar (coarse ground coffee)

Langkah 1. Masukkan bubuk kopi ke dalam penyaring

Biasanya penyaring kopi Vietnam terdiri dari 3 bagian: (1) wadah penyaring, (2) penyaring atas, (3) tutup. Wadah penyaring diletakkan di atas cangkir. Masukkan kopi bubuk sebanyak kurang lebih 3 sendok teh penuh. Ratakan permukaannya.

Takaran satu sendok teh penuh

Langkah 2. Tutup dengan penyaring atas, tekan dengan lembut

Letakkan penyaring atas di atas kopi
Letakkan penyaring atas menutupi kopi, tekan dengan lembut agar kopi lebih padat. Langkah ini bertujuan untuk mengurangi udara yang terperangkap di antara serbuk kopi sehingga air tidak mengalir terlalu deras.
  
Tekan agar lebih padat


Langkah 3. Masukkan air panas


Air mendidih lebih baik
Masukkan air panas perlahan-lahan sampai penuh. Disarankan menggunakan air mendidih karena akan mengekstrak kopi lebih baik. Air panas dari dispenser pun bisa digunakan dan hasilnya tidak terlalu mengecewakan.

Langkah 4. Tutup dan tunggu

Setelah air panas dimasukkan, tutup penyaring kopi untuk mempertahankan suhu air. Air panas akan mengalir perlahan melalui serbuk-serbuk kopi. Air yang jatuh ke cangkir sudah berwarna hitam dengan aroma kopi yang kuat. Citarasa kopi yang dihasilkan akan semakin kuat jika air menetes lambat dan suhu air tinggi.

Biarkan air menetes habis
Di Vietnam proses ini dilakukan sekali sehingga air kopi yang dihasilkan sedikit tetapi sangat kental. Saya biasa menambahkan air panas sekali lagi setelah air yang pertama turun semua karena masih banyak citarasa kopi yang tertinggal di dalam serbuk kopi.

Untuk sebagian orang di Indonesia, proses menyiapkan kopi a la Vietnam ini terlalu lama dan ribet dibandingkan menyeduh dengan memasukkan kopi bubuk dan gula ke dalam cangkir, masukkan air panas dan mengaduknya. Tapi percayalah, rasa kopi yang dihasilkan sangat mantap, nendang! 

Langkah 5. Nikmati kopi a la Vietnam

Kopi a la Vietnam
Kopi anda sudah siap. Orang barat biasanya meminumnya langsung tanpa penambahan gula atau creamer. Katanya kalau ditambah gula, bisa menutupi rasa kopi aslinya. Saya pun terbiasa tidak menambahkan gula, tetapi kadang-kadang saya tambahkan 1 sendok teh gula pasir.

Tips
  • Gunakan bubuk kopi dengan butiran agak kasar. Kopi bubuk yang tersedia di Indonesia biasanya terlalu halus sehingga mudah lolos dari saringan. Saya biasanya membeli kopi yang masih berbentuk biji, kemudian digiling dengan blender (atau coffee grinder / miller).
  • Orang Vietnam menggunakan sedikit gula pasir yang dicampur belakangan sesuai selera. Susu kental manis juga populer digunakan sebagai campuran. Biasanya susu kental manis sudah dimasukkan ke dalam cangkir terlebih dahulu sebelum kopi.
  • Kopi ini juga enak dikonsumsi dalam keadaan dingin dengan cara menambahkan es batu. Cà phê sữa đá (cà phê = kopi, sữa = susu, đá = es batu) sangat populer di Vietnam terutama di musim panas.

3 comments:

  1. Waduh, hebat sekali Mas Iman. Artikelnya lengkap dan teliti. Kalau sudah bisa menulis seperti ini, pasti mas sudah tahu banyak tentang kopi Vietnam dan pasti kopi Vietnam akan semakin digemari orang Indonesia. Ada satu tips lagi (ini dikasih tahu orang2 bekerja di warung kopi,) sebelum masukkan air panas ke dalam penyaring kopi itu, sebaiknya kasih sedikit air panar ke dalam penyaring itu (sedikit saja, cukup bubuk kopi basah, tidak sampai airnya turun ke bawah), tinggal 5 menit agar bubuk kopi itu menyerap air lalu baru masukkan air panas penuh ke dalam penyaring itu. Nah, air yang kemudian jatuh ke bawah itu akan lebih kental, lebih nikmat... Selamat menyediakan teman2 dan sahabat2 mas. Masih ada beberapa tips lagi bisa tambah agar kopi lebih gurih, enak. Saya akan sampaikan kepada Mas lain kali... Salam........

    ReplyDelete
  2. Em Hoa, terima kasih komentarnya juga tips-nya, ditunggu tips-tips berikutnya ya...

    ReplyDelete
  3. Artikel yang mendetail Kang Iman...

    Pengalaman di Vietnam bener-bener mempengaruhi hehehehe

    Sip..
    kapan-kapan menta ijin buat share ..... di fb ya...
    sapa tahu yg pada beli Vietnam Coffee Drip di saya.. lom mengetahui proses membuat Vietnam Coffee yang baik dan benar...

    Salam
    www.coffeeshopz.com

    ReplyDelete